font

time

Senin, 29 November 2010

Jagalah Diri Dan Luruskan Niat

Idul Adha telah berlalu. hari Tasyrik baru berakhir. kurban tanda kasih sayang antar sesama, kurban tanda ketaatan kepada Allah -ta'ala-. suasana seperti itu sepertinya hanya terjadi di Idul Adha.

Keberanian berkorban dan saling mengasihi seharusnya tetap tertanam dalam diri selamanya. tidak peduli momen apapun. Islam merayakan hari raya tidak hanya untuk diperingati, tapi juga ditadabburi dan dipelajari. sehingga akan menghasilkan kebersamaan dan kasih sayang.

Jangan sampai berbuat baik dan berani berkorban hanya pada hari-hari besar. setiap saat adalah waktu untuk berbuat baik. jangan beramal karena hanya ingin berbuat seperti orang lain. karena Allah tidak memandang apa yang diberikan, akan tetapi memandang apa yang diniatkan.

إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ ، وَإِنَّمَا لِامْرِئٍ مَا نَوَى ، فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُولِهِ، فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُولِهِ، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا، فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

Artinya : "Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niat. dan setiap orang akan mendapat sesuai yang diniatkan. maka barang siapa yang hijrahnya karena Allah dan Rosul-Nya, maka hijrahnya karena Allah dan Rosul-Nya. dan barang siapa hijrahnya karena harta atau wanita, maka (hasil) hijrahnya seperti apa yang diinginkan." (HR Bukhori dan Muslim)

- Allah menegur Kita.

Negeri kita sedang menangis. musibah silih berganti seperti tidak akan pernah berhenti. rintihan bumi kian terasa. seperti bumi ini ingin mengungkapkan sesuatu kepada kita sebagaimana yang diperintahkan. tapi sejak lama kita tidak berusaha memahaminya.

Bumi tempat kita berpijak saksi atas apa yang kita perbuat. jika seseorang tidak mampu menjaga dirinya sendiri dan keluarganya dari hal yang merusak, bagaimana bisa menjaga bumi ini dari kehancuran?!

وَاتَّقُوا فِتْنَةً لَا تُصِيبَنَّ الَّذِينَ ظَلَمُوا مِنْكُمْ خَاصَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Artinya : "Dan peliharalah dirimu dari pada fitnah (ujian) yang tidak khusus menimpa orang-orang yang dzalim saja di antara kamu. Dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaan-Nya." (QS Al-Anfal : 25)

Ujian musibah tidak akan menimpa khusus atas orang-orang yang dzalim saja, akan tetapi juga menimpa yang lainnya. inilah teguran dari Allah kepada kita semua.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar